Beberapa waktu yang lalu Netflix merilis sebuah film baru yang berjudul Enola Holmes, yang tentunya sangat dinantikan para penggemar. Film Enola Holmes ini merupakan adaptasi dari novel pertama dari seri Enola Holmes dengan judul The Enola Holmes Mysteries: The Case of the Missing Marquess” karya Nancy Springer yang diterbitkan pada tahun 2006 yang lalu.Sejak 25 Agustus yang lalu Netflix menggoda para penggemar dengan merilis trailer dari Enola Holmes yang disambut antusiasme para penggemar dengan sangat baik.

Sesuai dengan judul film yang bergenre mystery ini menceritakan tentang petualangan adik dari Holmes bersaudara. Enola dalam memecahkan misteri untuk mencari ibunya. Eudoria Holmes yang menghilang. Namun, dalam perjalanannya Enola juga terlibat dalam kasus misteri lainnya.

Teruntuk penggemar yang sudah menonton series Sherlock BBC kemungkinan akan merasa sedikit bingung. Hal ini dikarenakan pada salah satu episode ditampilkan si bungsu dari Holmes bersaudara bernama Eurus yang merupakan karakter original dari novel Sherlock Holmes. Tetapi tenang saja film Enola Holmes ini murni menceritakan kisah Enola sendiri yang berarti kisahnya berbeda dan juga tidak ada hubungannya dengan serial Sherlock yang sebelumnya.

Dalam film Enola Holmes sendiri diperankan oleh beberapa tokoh berbintang, seperti Millie Bobby Brown (Enola Holmes) yang bermain dalam series Stranger Things, Henry Cavill (Sherlock Holmes) yang dikenal akan perannya sebagai Superman,Sam Clafin (Mycroft Holmes) yang berpartisipasi dalam film The Hunger Games, Helena Bonham (Eudoria Holmes) yang tampil dalam film Harry Potter, dan masih banyak lainnya. Bahkan dalam menunjuk sutradara, Bradbeer sendiri telah berhasil memenangkan dua penghargaan dalam industri film yakni dalam Primetime Emmy dan Golden Globe melalui karyanya yang berjudul Fleabag dan Killing Eve.

Dikutip dari berbagai sumber setelah perilisan film yang disutradarai oleh Harry Baradbeer ini berhasil meraih rating yang cukup tinggi dari para kritikus film dan juga mendapatkan rating 92% dari total 83 kritikus film dan mendapat nilai 83% dari penonton. Selain itu, di awal minggu perilisannya, Enola Holmes berhasil meraih peringkat ke-6 di chart Top 50 Adventure Movie dari IMDB mengalahkan Avengers : End Game. Bahkan untuk seri novel Enola Holmes sendiri yang berjudul The Case of the Missing Marquess dan The Case of the Gypsy Goodbye telah dinominasikan untuk penghargaan Eedgar pada tahun 2007 dan 2010.

Dikutip dari CNN, diketahui saat ini Enola Holmes sedang menghadapi tuntutan hukum dari ahli waris Sir Arthur Conan Doyle. Sang ahli waris menyampaikan sebuah kritik atas film tersebut, mengklaim bahwa film Enola Holmes melanggar hak cipta dengan menggambarkan Sherlock Holmes memiliki banyak emosi, dan juga merek dagang atas Enola Holmes, bahkan mengajukan gugatan terhadap Netflix. Sang ahli waris tersebut mengajukan keluhan 19 halaman terhadap Enola Holmes di pengadilan federal New Mexico yang mengklaim bahwa “pelanggaran hak cipta muncul dari penggandaan yang tidak sah atas ekspresi kreatif asli dalam cerita berhak cipta Sherlock Holmes.” Berdasarkan gugatan tersebut diduga bahwa Enola Holmes memakai beberapa ide dari sebagian besar cerita Sherlock Holmes karya Arthur Conan Doyle, yang akhirnya dipermasalahkan oleh wali Sir Arthur Conan Doyle. (Cessa)

Written by:

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *