Siapa sih yang nggak pernah dengar dengan istilah drakor? Rasanya semua orang tahu dengan istilah ini, entah mereka menonton atau tidak. Drama korea ini merupakan film series yang dibagi menjadi beberapa episode. Biasanya 16 episode hingga 20 episode, atau lebih dari itu.

Drakor saat ini sudah tidak identik dengan wanita saja. Segmen penonton pun sampai kalangan para pria gagah perkasa pun dibuat luluh sama yang satu ini. Apalagi waktu pandemi gini dengan dalih “ daripada gabut”  maka dihabiskan waktunya dengan nonton drama korea ini.

Kita coba lihat di sekitar teman-teman kita saja. FYI, durasi satu episode drama kore yaitu selama 40- 1 jam-an, tapi kok bisa betah banget menonton drama korea hingga 16 episode dalam waktu singkat alias marathon? Lalu muncul pertanyaan, apa yang membuat mereka betah berlama-lama mantengin layar?

Alur yang tidak membosankan

Alur drama korea tergolong unik dan tidak mudah ditebak. Tidak seperti alur khasnya Indonesia, tokoh mati hidup lagi karena orangnya mirip, atau hubungan percintaan selingkuh huhu…. Ada drama bertemakan school hingga genre drama thriller/action. Dijamin seru hingga akhir! Karena bagian sebelum credit scene pasti diberi scene yang menegangkan lalu penonton dibuat menerka-nerka tentang misteri dibaliknya. Hal ini mendorong mereka buat nonton episode selanjutnya malah kebablasan tidak terasa sampai episode akhir.

Soundtrack yang berkesan

Nilai plus di drama korea salah satunya OST yang keren keren bikin penonton tambah mewek saat adegan sedih atau bahagia. Penonton semakin larut karena lagunya terasa pas sekali dengan adegan adegan dalam drama tersebut. Contoh OST drama terkenal seperti All For You, oleh Jung Eunji & Seo Inguk (Reply 1997), “Stay , With Me” oleh Chanyeol and Punch (Goblin), hingga “My Destiny” oleh Lyn (My Love From The Star.

Pemain yang cantik dan tampan

Ini juga salah satu faktor pendorong kenapa orang-orang pada betah menonton drama korea. Ya gimana nggak betah, pemainnya cantik dan ganteng gitu. Nggak cuma cewek yang butuh tontonan lelaki ganteng di drama korea. Cowok juga butuh asupan tontonan wanita cewek cantik juga di drama korea hehe.

Menjual nilai budaya dan topik cerita relate di kehidupan sekarang

Penonton seakan akan tersampaikan curahan hatinya karena bisa sesuai dengan kehidupan sama konflik kehidupan yang dijalani penonton. Selain itu drama korea juga cerdik menjual budayanya dalam hal Bahasa, fashion, kuliner, hingga perihal sejarah.

Gimana? Masih nggak percaya kalau drama korea bikin ketagihan? Coba saja dulu tonton 3-4 episode, setelah itu rasakan sensasinya! Jadi, drama apalagi yang harus ditonton? (Fitroh)

Written by:

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *