“Haha, kamu ada tiktok di hp ? astaga kamu mau jadi orang alay bos ? hadeuuu”, mungkin tanggapan orang di sekitar kita yang seperti ini bakal muncul saat kita meng-install aplikasi yang digandrungi kalangan muda maupun tua sekarang. Ya, apalagi kalau bukan Tiktok. Tiktok merupakan salah satu platform media social untuk berbagi konten audio visual dan musik dengan fitur-fitur filter menarik.

Namun, sekarang Anggapan seperti itu ternyata sudah di anggap kuno, bos. Yakin masih beranggapan kalo punya akun dan aplikasi tiktok alay? Zaman now justru malah berlomba-lomba download tiktok karena disana kita bisa melihat hal-hal viral di sosial media dan sumber hiburan .Tidak heran, kalau liat orang “nyecroll” hp biasanya buka Instagram, sekarang ditambah nyecroll konten tiktok. Bahkan konten-konten tiktok pun di ambil untuk mengisi timeline Instagram yang notabene berbeda platform. Sebutan seleb pun tidak hanya di Instagram (selebgram), tiktok juga ada “selebtiktok”. Melihat hal-hal diatas mungkin kita bisa menilai sendiri betapa fenomenalnya aplikasi ini. Sebenarnya ada apa dengan tiktok ini?

Konten

Soal konten, mungkin kalian familiar dengan kontennya, karena hampir sama dengan video di facebook, twitter, maupun instagram. Namun, perbedaan hanya di maksimal durasi, tiktok hanya 15-30 detik. Namun, yang spesial di tiktok yaitu filter-filter andalannya. Kalian bisa menggunakan fitur-fitur menarik saat editing video, sehingga menghasilkan video unik dan bisa sesuai beat lagu. Namun kembali lagi, awal dikenalnya tiktok apalagi kalo bukan karena lypsinc lagu dan joget-joget asik, ditambah sensasi-sensasi “seksi” atau “tampan” yang membuat image tiktok menjadi “alay” di mata masyarakat. Hal ini terjadi, gegara fenomena ini anak-anak alias “bocil” menjadi meniru adegan-adegan yang heboh ini. Tapi tenang saja, semakin kesini banyak juga orang orang kreatif yang ada di tiktok. Tahu Indovidgram ? siapasih yang nggak tahu pada masanya, mereka merupakan akun Instagram yang merepost video-video lucu dan unik dari kreator, nah mungkin sekarang konten-konten parodi dan lucu tersebut berpindah ke tiktok, bahkan akun-akun Instagram memanfaatkan postingannya dengan repost dari akun tiktok para selebtiktok. Jadi, hal tersebut bisa salah satu hiburan. Tersedia banyak jenis konten, mau konten yang mana?

Sumber penghasilan

Seiring berjalannya waktu hingga saat ini, pengguna tiktok sampai berjumlah miliaran. Tak heran Tiktok juga bias menjadi lading penghasilan bagi para usernya. Dengan konsisten mengupload konten, followers auto naik dan bakal ada engagement yang lebih di akun tiktok user. Namun, penghasilan di tiktok berbeda dengan youtube yang iklannya numpang di kanal. Di tiktok user mendapat uang dengan cara mendapatkan sponsor dan endorse produk melalui konten tiktok kalian. Banyak juga sekarang toko-toko, kafe, dan tempat-tempat wisata yang memanfaatkan platform tiktok ini sebagai sarana promosi

Make something viral

Ini yang penulis tadi bilang di atas. Hal-hal viral bias dari tiktok lalu di repost oleh platform media social lainnya . Di platform tiktok ini juga banyak orang yang mem-post hal-hal menarik di mata netizen dan cepat sekali tersebar. Apalagi kalau isi konten “gitu-gituan” wah… cepat sekali langsung tersebar luas dan di repost langsung auto trending twitter atau Instagram. Tahu sendiri yang viral mana aja udah pada lihatkan??

Pengetahuan

Zaman now, lewat aplikasi ini nggak Cuma liat orang joget-joget dan lypsinc doang, kok. Kalian bisa melihat konten-konten edukasi seperti belajar bahasa asing, life hack (cara & tips menjalani berbagai aspek kehidupan), tutorial, hobby, lifestyle, dan banyak lainnya yang bisa kalian temui di tiktok yang mungkin bermanfaat bagi para usernya. Fitur-fitur yang ada juga mempermudah para kreatornya agar bisa membuat konten edukasi, seperti fitur pop upteks yang membantu menjelaskan isi konten. Buat kalian yang seneng sharing-sharing pengetahuan, bisa banget memanfaatkan platform ini buat berbagi pengetahuan sesuai profesi dan passion kalian masing-masing!

Dari ulasan penulis di atas, mungkin temen-temen yang sudah mempunyai aplikasi tiktok atau yang belum sudah mempunyai gambaran apa aja positif dan negatifnya memiliki aplikasi tiktok. Paling tidak, hal ini mematahkan anggapan bahwa “tiktok aplikasi alay” sudah tidak berlaku lagi. Jadi teringat masa masa dulu ada konten creator tiktok yang terkenal di hina karena alay,  sekarang malah pada download tiktok, dan rame-rame bikin video bareng temen… hadeuu jilat ludah sendiri deh haha… (Fitroh)

So, tertarik menjadi creator tiktok, gengs?

Written by:

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *