Korean wave atau Hallyu sudah menyebar di seluruh penjuru dunia, begitu pula di Indonesia. Hallyu ini tidak hanya disebarkan melalui budaya pop musik, tapi juga film, drama, style dan hiburan yang dapat menyebarluaskan kebudayaan Korea. Drama merupakan salah satu yang menyebabkan Hallyu di berbagai negara, loh.

Drama Korea tidak hanya menampilkan kisah romansa yang manis dan menggemaskan. Banyak drama korea yang menampilkan kehidupan di Korea dan berbagai profesi yang ada. Nah, dari berbagai kisah kehidupan dan profesi itu banyak banget yang cocok untuk ditonton mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi nih!. Terdapat beberapa drama korea yang menampilkan profesi, yang berhubungan dengan Jurusan Ilmu Komunikasi loh!. Ini dia 5 rekomendasi drama korea yang cocok untuk anak Ilmu Komunikasi.

  1. The Producers (2015)

Drama yang dibintangi oleh Gong Hyojin, Cha Taehyun, Kim Soohyun, dan IU ini menceritakan kisah di dunia pertelevisian. Di drama ini, kamu bisa melihat bagaimana pekerjaan pegawai stasiun televisi, producer-director (PD) acara televisi, dan artis saat bekerja di balik layar. Drama ini cocok banget buat kamu yang tertarik dengan dunia broadcasting!

  1. While you were sleeping (2017)

Drama ini menceritakan seorang wartawan bernama Nam Hongjoo yang bisa melihat masa depan melalui mimpinya. Dari drama ini kamu bisa mempelajari sikap wartawan yang diperankan oleh Bae Suzy. Selain itu, drama ini dibintangi juga oleh Lee Jongsuk dan Jung Haein yang menambah keseruan cerita.

  1. Pegasus Market (2019)

Drama yang diadaptasi dari Webtoon ini menceritakan tentang kisah para pegawai supermarket yang hampir bangkrut. Drama ini dibintangi oleh Kim Byungchung, Lee Donghwi, dan Jung Hyesul. Terdapat banyak tak-tik marketing inovatif yang dilakukan dalam drama ini, jadi cocok banget buat kamu yang tertarik dengan marketing.

  1. Search: www (2019)

Drama ini dibintangi oleh Im Soojung, Lee Dahee, dan Jeon Hyejin dengan fokus utama pada para karakter perempuannya. Dalam drama ini kamu bisa melihat sikap percaya diri, komunikatif, berwibawa, tangguh dan inspiratif yang direpresentasikan oleh para pemerannya. Walaupun tidak berhubungan secara eksplisit dengan Jurusan Ilmu Komunikasi, namun ada banyak hal dalam drama ini yang bisa kamu pelajari agar bisa menjadi praktisi komunikasi yang baik.

  1. 18 again (2020)

Drama yang diangkat dari film Amerika berjudul “17 Again” ini menceritakan kisah Hong Daeyoung yang berumur 37 tahun kembali ke wujudnya saat berumur 18 tahun. Drama ini dibintangi oleh Kim Haneul, Yoon Sanghyun, dan Lee Dohyun. Karakter yang diperankan Kim Haneul (Jung Dajung) merupakan seorang reporter yang sudah mengimpikan profesi itu sejak ia sekolah. Kamu bisa melihat perjuangan Jung Dajung dalam meraih impiannya dan bagaimana pekerjaannya sebagai reporter di drama ini. Drama ini cocok banget buat kamu yang ingin jadi reporter ataupun announcer, nih!

Dari 5 rekomendasi drama diatas, kamu tertarik dengan drama yang mana nih? Jangan lupa ditonton ya!, karena kita bisa belajar lewat drama-drama tersebut. Selain dapat hiburan, kapan lagi nonton drakor sambil belajar?  (Rona N)

Written by:

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *