Siapa yang tidak tahu dengan nama Virgiawan Listanto atau yang lebih dikenal dengan Iwan Fals. Baru-baru ini Iwan Fals telah merilis single kedua dari album terbarunya yang berjudul “Merah Putih” tepat pada perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI Ke-76 beberapa waktu lalu. Penyanyi yang lahir di Jakarta, 59 tahun silam ini merupakan seorang penyanyi, musisi, dan pencipta lagu yang juga menjadi salah satu legenda di Indonesia. Iwan Fals sudah banyak menciptakan berbagai single dan album yang fenomenal. Bahkan lagu-lagu yang terdahulu hingga saat ini masih banyak yang hafal dan menyukainya.

Kemarin, tepatnya pada tanggal 17 Agustus 2021, Iwan Fals kembali merilis lagu terbarunya yang termasuk dalam single kedua pada album teranyarnya yang berjudul “Merah Putih”. Single Iwan Fals ini bercerita tentang kondisi Indonesia hari ini yang penuh dengan berbagai dinamika dan cobaan yang berat. Selain itu, dalam lagu ini pun Iwan Fals mengajak untuk saling harmonis, saling menjaga, dan jangan menyerah menghadapi hari-hari yang penuh dengan cobaan seperti saat ini. Lagu yang diciptakan langsung oleh Iwan Fals dan diproduseri oleh Lafa Pratomo dan Rambu Cikal yang merupakan salah satu anak dari Iwan Fals ini cukup berbeda dengan lagu-lagu sebelumnya yang telah dibuat oleh Iwan Fals.

Pada lagu yang diciptakan kali ini, untuk pertama kalinya direkam secara langsung dengan instrumen utamanya yaitu piano, yang dimainkan oleh Otta Tarrega. Namun demikian, dalam lagu tersebut Iwan Fals tetap menampilkan suara khasnya yang mungkin sudah sangat familier didengar di telinga penggemarnya dengan vokal nya yang kuat hingga nada tinggi dan lirik-liriknya cukup kontemplatif yang sarat makna. Dari lagu tersebut banyak makna yang bisa disampaikan dari lirik-liriknya untuk membuat sekaligus mengajak orang-orang agar tetap semangat menjalani hari-hari seperti saat ini.

Namun tentunya ada beberapa kekurangan dalam single terbaru Iwan Fals tersebut, seperti lagu tersebut hanya ada instrumen piano saja sehingga mungkin membuat pendengarnya terutama yang jarang mendengar lagu Iwan Fals beranggapan kurang menarik dari sebelum-sebelumnya. Bisa dikatakan kurang ada variasi meskipun memang itu sesuai dengan pesan dari lirik lagu yang ingin disampaikannya.  Dengan kembali dirilisnya single terbaru dari Iwan Fals tentunya membuat para penggemarnya senang bisa kembali mendengar karya legenda Indonesia. Dan buat kamu yang tertarik dengerin lagu “Merah Putih” sudah bisa diakses di berbagai platform streaming. Apalagi ditambah lirik dari lagu tersebut yang penuh dengan makna dan semangat. (Luthfi)

Written by:

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *