Thailand atau yang sering disebut Negeri Gajah Putih ini merupakan negara yang memiliki sistem pemerintahan monarki konstitusional. Disebut Negeri Gajah Putih karena hewan tersebut merupakan hewan khas Thailand yang melambangkan monarki berdasarkan hukum. Banyak wisatawan mancanegara yang memilih Thailand sebagai destinasi wisata mereka. Keindahan negara ini pun tidak perlu diragukan lagi, karena Thailand memiliki 40 ribu kuil dengan arsitektur yang kokoh. Negara ini juga dikelilingi oleh hamparan pantai yang indah, memiliki banyak satwa liar yang eksotis, dan memiliki warga negara yang ramah. Selain hal-hal di atas yang membuat Negeri Gajah Putih ini cocok dijadikan sebagai destinasi wisata dunia adalah karena akomodasi yang mudah dijangkau dan murah. 

Di balik keindahan alamnya, Thailand juga memiliki beberapa keunikan diantaranya adalah negara ini tidak pernah dijajah Negara Eropa alasanya karena negara yang akan menjajah negara lain diwajibkan untuk memiliki alasan kenapa mereka berniat menjajah, pada saat itu dikarenakan Thailand tidak banyak memiliki hasil alam yang mumpuni sebab tanahnya yang kurang subur maka bangsa Eropa enggan untuk menjajah Thailand selain itu juga ada beberapa alasan lain yang membuat Eropa tidak menjajah Thailand. Keunikan lainnya datang dari nama ibu kota Thailand yaitu sebelum nama ibu kota Thailand bernama Bangkok negara ini memiliki nama asli ibu kota yang sangat panjang kurang lebih 21 kata, nama tersebut begitu panjang sehingga berubah menjadi Siam lalu berevolusi menjadi Bangkok sekarang ini.

Kuil merupakan salah satu bangunan yang menjadi ikon Negara Thailand, dari sekian banyaknya kuil dan pagoda ada salah satu kuil yang menjadi keunikan dari Negeri Gajah Putih ini yaitu adalah Kuil Wat Pa Maha Chedi Kaew (kuil botol air) keunikan kuil ini terletak pada pondasi bangunannya yang terbuat dari botol bir kaca. Dimulai dari sekelompok biksu di Thailand memulai permainan epik yang mereka sebut “100 botol bir di dinding”. Hebatnya, permainan mereka berlanjut sampai benar-benar ada 100 botol di dinding. Permainan terus berlangsung dengan total lebih dari 1,5 juta botol sehingga membentuk eksterior kuil paling unik di dunia. Bagian pondasi dari kuil ini akan terlihat jelas berupa botol jika dilihat dari jarak dekat. 

Pasar Maeklong atau pasar kereta api juga termasuk keunikan lain yang dimiliki Thailand. Pasar ini merupakan pasar yang berada di pinggir rel kereta. Saat kereta melintas para pedagang sesegera mungkin menyingkirkan tenda dan jualan mereka agar tidak terlindas kereta api. Diperkirakan kereta api setiap harinya akan lewat 7 sampai 8 kali. Sangat berbeda bukan dengan pasar-pasar lainnya? 

Dari semua keunikan dari Negara Thailand, menjadi nilai plus juga untuk masyarakatnya yang memiliki kesopanan dan hormat kepada pemerintahan kerajaan dan juga wisatawan asing yang berkunjung ke Thailand. Jadi apakah kamu berniat untuk mengunjungi Thailand? (Brilliant Agatha)

Sumber : IDN Times

Written by:

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *