Ditengah pandemi Covid-19 ini bukan hanya orang tua siswa atau murid yang melakukan pekerjaan secara online, namun siswa hingga mahasiswa juga melakukan proses belajar secara online dari rumah. Tentu saja dengan metode ini dirasa kurang efektif bagi sebagian orang tua dan juga siswa karena pandemi ini, maka dari itu kita memerlukan cara belajar yang efektif dan juga efisien. Karena tidak semua orang dapat menerima keadaan seperti ini.

Pada saat kondisi masih normal pun banyak dari kita yang kegiatan belajar nya masih kurang kondusif apalagi situasi seperti ini (belajar secara online). Tentu nya kegiatan belajar dari rumah akan lebih tidak kondusif karena seorang guru dan juga orang tua murid tidak dapat mengontrol kegiatan belajar secara langsung.

Meskipun kegiatan belajar dirumah sudah dilakukan dari awal pandemi covid-19 ini, para siswa dan mahasiswa harus menerima dan sanggup untuk memposisikan diri sendiri untuk tetap belajar secara online yang efektif dan efisien namun, tak perlu khawatir berikut ini ada beberapa tips buat kalian agar belajar online nya berjalan dengan efektif.

  1. Carilah tempat khusus untuk belajar online

Terkadang kita sudah berada didalam ruang belajar online namun, tiba-tiba ada anggota keluarga kita yang mengganggu, itu sudah menjadi salah satu dalam kendala belajar online yang kurang efektif. Carilah suasana ruangan atau tempat yang tenang dan nyaman untuk belajar. Serta hindarilah belajar di kasur karena akan memicu kamu untuk mengantuk dan tidur di tengah proses belajar online.

  1. Pastikan internet atau koneksi kalian stabil selama proses belajar online

Nah, ini dia bagian yang paling penting. Jaringan internet akan menghambat proses belajar online dan juga keefektifan belajar online. Jadi sebelum belajar online pasti koneksi internet kalian stabil. Dengan begitu kegiatan belajar online kalian jadi lebih fokus saat belajar online. Jika koneksi internet kalian tidak stabil, kegiatan belajar online yang sedang berlangsung akan menjadi kurang efektif. Dan juga pastikan bahwa jaringan internet maupun wifi kalian dirumah lancar tidak ada gangguan.

  1. Setelah belajar online, buatlah ringkasan materi untuk dipelajari kembali 

Hal ini dilakukan untuk mengukur sejauh mana pemahaman yang sudah kalian dapatkan dari hasil proses belajar online, ilmu yang baru, skill baru apa yang sudah bisa dipraktekkan, serta hal apa yang sekiranya belum kalian pahami, jadikan itu sebagai catatan untuk menentukan dan mengukur kemampuan kalian apakah butuh tambahan kelas online atau tidak, agar kelas yang sudah kalian ikuti tidak berjalan dengan sia-sia dan kamu bisa mendapatkan ilmunya dengan maksimal.

Nah, itu dia tips yang dapat kalian lakukan selama proses kegiatan belajar online ditengah pandemi covid-19 ini sehingga proses belajar kalian jadi lebih efektif dan efisien, dan yang pastinya ilmu yang kalian dapatkan juga bisa bermanfaat dan tidak sia-sia nantinya. (Lili)

Written by:

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *