Pernah gak sih kamu merasa mood-mu tiba-tiba berubah? Pada saat momen bahagia dan senang, tiba-tiba kamu muram ataupun sebaliknya. Tenang aja, perubahan mood atau mood swing itu adalah hal yang wajar dan normal terjadi sesekali kok. Tetapi, mood swing ini perlu diperhatikan jika terlalu sering terjadi atau bahkan sampai mengganggu keseharian kamu.

Mood swing merupakan perubahan suasana hati atau fluktuasi emosi yang dapat dengan jelas dirasakan atau dilihat. Beberapa pertanda kamu sedang mengalami mood swing yaitu suasana hati yang naik-turun, perubahan mood yang sangat rendah selama lebih dari dua minggu, dan tidak mampu mengungkapkan penyebab perubahan mood.

Lalu, apa aja sih penyebab mood swing? Salah satu penyebab mood swing yaitu kondisi hormon. Remaja dan wanita memiliki peluang besar mengalami mood swing karena terjadi fluktuasi hormonal (ketidakseimbangan hormon) di masa peralihan pada remaja serta di masa menstruasi, hamil, dan menopause pada wanita.

Selain itu, mood swing juga bisa terjadi karena adanya perubahan dalam kebiasaan sehari-hari  seperti perubahan jam tidur, cuaca, stress, atau trauma. Beberapa penyakit juga bisa menyebabkan mood swing, contohnya kelainan pada otak, kerusakan jantung ginjal, atau paru-paru. Gangguan bipolar, depresi, dan skizofrenia juga bisa menjadi penyebab dari mood swing.

Gimana sih cara mengatasi mood swing?

  1. Biasakan gaya hidup sehat

Mengatur pola tidur, makan, olahraga dan istirahat akan sangat membantu untuk menjaga kestabilan mood. Memiliki gaya hidup yang teratur dan sehat dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh sehingga terhindar dari penyakit serta menjaga kesehatan mental.

  1. Pakailah mood diary

Memiliki mood diary dapat membantu kamu untuk mengetahui pola perubahan mood sehingga kamu dapat dengan lebih mudah mengetahui penyebab mood swing yang kamu alami dan menghindarinya.

  1. Temukan support system-mu

Keluarga dan teman yang mampu memberikan dukungan bisa menjadi support system kamu. Temukanlah orang-orang yang kamu percayai sebagai tempat keluh-kesahmu. Hal itu bisa memberimu kekuatan di saat mengalami mood swing.

  1. Meminta bantuan ke psikolog atau psikiater

Cara ini perlu dilakukan jika mood swing yang kamu alami sudah sangat sering terjadi dan mengganggu aktivitas keseharian. Psikolog atau psikiater dapat membantu kamu menangani mood swing dan mencari tahu penyebab terjadinya mood swing.

Itu dia beberapa penyebab dan cara mengatasi mood swing! Sebagai tambahan, kalau kamu sedang menghadapi seseorang yang sedang mengalami mood swing, kamu bisa menjadi pendengar cerita dan keluh-kesah orang itu atau memberikan dia waktu luang untuk dirinya sendiri. Kamu bisa bertanya kepadanya apakah butuh teman bercerita atau waktu sendiri. Yang pasti, katakan bahwa kamu akan tetap berada disisinya kapanpun dia membutuhkan bantuan.

Jangan sampai lupa! Walaupun perubahan mood itu hal yang wajar, tapi jika terjadi terus-menerus dan mengganggu aktivitas keseharian bisa jadi itu adalah pertanda suatu gangguan mental. Jadi jangan terlalu menganggap lalu mood swing yang terjadi terlalu sering, ya! (Rona)

Referensi: Halodoc dan Centerstone

2 September 2022

Written by:

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *