Jika kamu seorang mahasiswa, pastinya akan bertemu dengan masa skripsi, bukan?  Akan ada waktunya dimana kamu akan melewati masa dimana kamu pernah dianggap sebagai mahasiswa baru atau maba di Universitas mu. Kini, kamu sudah harus  menyusun step by step agar kamu bisa lulus tepat waktu. Skripsi adalah momok bagi mahasiswa. Penentu kelulusan ini memang bisa membuat pusing kepala, membuat tertekan, mood berantakan dan berakhir dengan kemalasan untuk mengerjakan skripsi. Sehingga mahasiswa tidak punya pilihan lain selain menyelesaikan tugas akhirnya agar bisa menyandang gelar sarjana. Namun, kebanyakan mahasiswa mendapatkan kendala, bukan hanya dari teknisnya, tetapi ditengah perjalanan banyak yang mengeluhkan kehilangan semangat dalam mengerjakan skripsi.

Memang tidak semua mahasiswa punya punya kemampuan atau bakat dalam membuat sebuah rangkaian penelitian dalam bentuk sebuah hasil akhir skripsi untuk diuji sebagai syarat kelulusan menjadi seorang sarjana. Tetapi, mengerjakan skripsi sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan, asal tahu tips dan triknya. Berikut tips menyelesaikan skripsi tepat waktu yang bisa kamu coba: 

  1. Membuat target

Target ini perlu dibuat agar tahu kapan skripsimu bisa selesai. Kamu bisa menetapkan untuk satu bab misalnya diperkirakan akan selesai dalam jangka waktu 1-1,5 bulan. Dengan membuat target, kamu bisa tersadar untuk tidak terlalu bersantai ketika target belum tercapai. 

  1. Luangkan waktu untuk mengerjakan skripsi setiap hari

Mahasiswa tentunya sudah memahami bahwa semakin tinggi tingkatannya, jadwal kuliah yang didapat lebih longgar. Namun bukan berarti kamu bebas bersantai. Selalu luangkan waktu 3-4 jam dalam sehari untuk mengerjakan skripsi, Baik itu menulis, membaca buku tambahan, dan masih banyak lainnya. Cara ini sangat jitu supaya skripsimu tidak berhenti ditengah jalan. 

  1. Cari referensi sebanyak mungkin

Bagaimana bisa melakukan penelitian tanpa adanya referensi? Alangkah baiknya untuk bisa mencari referensi sebanyak mungkin. Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk dapat menemukan referensi. Seperti mengunjungi perpustakaan, mencari jurnal, mengunjungi web web yang menyajikan berbagai judul yang mendukung skripsi kamu. 

  1. Aktiflah berkonsultasi ke dosen pembimbing 2-3 kali dalam seminggu

Walaupun disebut dosen pembimbing bukan berarti beliau senantiasa membimbing kamu setiap saat. Beliau juga memiliki kesibukan. Oleh karena itu jangan menunggu beliau yang mengejar ngejar. Inisiatif dan jangan pasif . Luangkan waktu setidaknya 2-3 kali dalam seminggu untuk bertemu beliau. Semakin rajin kamu berkonsultasi, kamu juga akan semakin mudah menemukan titik terang dalam skripsimu. 

  1. Berikan reward pada diri sendiri tiap kali mencapai target

Ingin lulus tepat waktu juga bukan berarti kamu memaksa dirimu untuk mengerjakan bab setiap harinya tanpa memberi istirahat pikiran dan tubuhmu. Kamu perlu memberikan reward  seperti berhak makan enak walaupun anak kos, healing, ataupun membeli pakaian yang kamu inginkan. Namun dengan catatan, kamu sudah berhasil menyelesaikan satu target yang sebelumnya kamu sudah tetapkan. Hal ini berguna untuk menghargai diri sendiri atas hasil jerih payah sekaligus motivasimu mencapai target selanjutnya.

Jangan jadikan skripsi ini beban pada kehidupan perkuliahan kamu ya. Namun, jadikanlah sebagai tantangan untuk bisa menggapai masa depan yang lebih cerah. Buat kamu pejuang skripsi, sudah mencoba tips diatas belum? Semangat ya! – (Moya)

Written by:

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *