Siapa nih yang biasanya habis letakkin barang terus belum beberapa menit udah hilang ingatan alias lupa? Ga hanya barang juga sih, kadangkala apa yang kita baru saja ucapkan  juga masih sering lupa. Ya, lupa adalah sifat alami manusia yang memiliki penyebab yang cukup beragam, bisa karena memang bawaan sejak lahir, banyak pikiran sehingga sulit fokus yang akhirnya membuatnya cepat lupa. Meskipun begitu, sifat pelupa bukan sesuatu yang bisa dianggap sepele. 

Menurut penelitian, menurunnya daya ingat berarti sama dengan menurunnya juga fungsi otak. Psychology menyebutkan, seseorang memang tidak akan mampu mengingat semua peristiwa di dalam hidupnya. Hal tersebut juga didukung oleh manusia yang cenderung menikmati pengalaman yang dilaluinya, bukan mengingatnya kembali. Namun, apabila  terlalu sering lupa tentunya akan mengganggu produktivitas sehari hari. But it’s okay! Berikut tips yang bisa dilakukan untuk mempertajam ingatan kamu.

  1. Menghindari Begadang

Begadang secara otomatis akan mengurangi jam tidur. Kurangnya jam tidur membuat tubuh lebih cepat merasa lelah sehingga otak tidak mampu berkonsentrasi dengan baik. Konsentrasi yang terganggu berujung kepada sulitnya mengingat sesuatu. Untuk itu, tidurlah secara cukup minimal 7-8 jam per hari agar tubuh terasa lebih baik.

  1. Coba Permainan Asah Otak

Membantu memori otak juga bisa dilakukan lewat kegiatan menyenangkan, lho! Seperti melakukan permainan teka-teki silang, tetris, dan lain lain. Tips ini selain membantu membuat semakin pintar, juga bermanfaat untuk membuatmu tidak mudah lupa.

  1. Rutin Olahraga 

Olahraga menjadi salah satu tips untuk meningkatkan daya ingat kamu juga lho! Penelitian menunjukkan bahwa olahraga memicu keluarnya zat yang bisa memicu pertumbuhan sel otak. 

4. Mencatat Secara Manual

JIka dilihat sekarang mungkin untuk mencatat di buku rasa-rasanya jadul banget. Namun, sebenarnya kamu bakal mendapatkan manfaat lebih jika mencatat secara manual. Sebagaimana dilansir The Conversation, peneliti mengatakan mencatat secara manual dapat memperkuat daya ingat karena melibatkan aspek kognitif. 

5. Perbanyak Baca Buku

Buat kamu yang punya masalah short-term memory atau sering banget kambuh pelupanya, coba jadikan membaca buku menjadi kegiatan sehari-hari. Saat membaca kita memproses sebuah narasi dan informasi secara linea. Pemrosesan pencernaan informasi tersebut mampu meningkatkan kemampuan memori jangka panjang. 

Nah, itulah tips-tips yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisasi sifat pelupa. Semoga bermanfaat (Moya)

Written by:

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *