Kabar membanggakan datang dari salah satu sutradara ternama Indonesia, Joko Anwar, yang akan menyutradarai sebuah film di Hollywood. Melalui postingan di Instagram pribadinya, sutradara kelahiran Medan ini membagikan sebuah capture berita dari Deadline mengenai hal tersebut pada Selasa (05/04/22).

Fritzchen merupakan judul film yang akan dikerjakan oleh Joko Anwar bersama Village Roadshow, yang merupakan perusahaan hiburan asal Australia. Fritzchen ini merupakan adaptasi dari cerita pendek karya Charles Beaumont dengan judul yang sama. Cerita ini pertama kali hadir dalam majalah Orbit yang terbit di tahun 1953.

Sebelumnya, telah banyak tawaran kolaborasi dari Hollywood yang datang untuk Joko Anwar tapi saat itu belum ada yang menarik perhatiannya hingga datanglah tawaran Fritzchen. Dalam wawancaranya bersama Kompas, sutradara lulusan teknik penerbangan Institut Teknologi Bandung ini menyampaikan bahwa ia sangat tertarik dengan tawaran tersebut karena Fritzchen mengandung unsur horor dan juga science fiction. Selain itu, sutradara kondang ini juga mengatakan bahwa ia menyukai karya-karya dari Charles Beaumont.

Dalam sinopsis di cerita pendeknya, Fritzchen menceritakan kisah pengalaman seorang anak laki-laki yang secara tidak sengaja bertemu dengan makhluk aneh di sebuah pantai saat sedang melakukan liburan keluarga.

Tak sendiri, Joko Anwar menggarap film ini bersama Michael Voyer sebagai penulis naskah serta David Kopple yang menjadi produsernya. Sementara itu, Village Roadshow yang menaungi film Fritzchen ini merupakan salah satu perusahaan film besar di Amerika. Film Joker, The Matrix, Ocean’s, Happy Feet,  Sherlock Holmes,dan The Lego Movie merupakan beberapa film besar yang diproduksi oleh Village Roadshow.

Nama Joko Anwar sudah sangat dikenal di dunia perfilman Indonesia berkat film-filmnya yang populer. Beberapa filmnya yang mengguncang perfilman Indonesia yaitu Janji Joni (2005), Kala (2007), Fiksi (2008), A Copy of My Mind (2015), Pengabdi Setan (2017), Orang Kaya Baru (2019), serta Perempuan Tanah Jahanam (2019). Film-film tersebut memperoleh prestasi gemilang di berbagai ajang penghargaan baik sebagai nominasi hingga meraih penghargaan.

Sementara itu film terakhirnya, Ratu Ilmu Hitam (2019), mampu menembus angka 900.000 penonton selama penayangannya di bioskop. Selain itu, film ini juga memperoleh prestasi di Piala Citra 2020 dengan memenangkan penghargaan Penata Efek Visual Terbaik serta Pemeran Pendukung Pria Terbaik. Disamping itu, film karya Joko Anwar yang akan datang, Pengabdi Setan 2: Komuni, direncanakan tayang pada tahun 2022 ini.  (Rona)

Written by:

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *