Akhir-akhir ini istilah love language sudah sangat familiar terdengar, bukan? Istilah ini mulai viral beberapa saat yang lalu di media sosial hingga menjadi topik pembicaraan dalam kehidupan sehari-hari. Lalu, apa sih love language itu?

Bahasa cinta atau love language dapat diartikan sebagai cara seseorang mengekspresikan perasaan cintanya kepada orang lain. Love language ini juga dapat menunjukkan ekspresi cinta seperti apa yang dibutuhkan seseorang saat menjalin suatu hubungan.

Love language bermula dari sebuah konsep yang disampaikan oleh Gary Chapman, Ph.D., dalam bukunya yang berjudul “The 5 Love Languages: The Secret to Love That Lasts”. Dalam buku tersebut, Chapman menggambarkan bahasa cinta menjadi 5 kategori berdasar pengalamannya dalam konseling pernikahan dan linguistik. Ada apa saja sih kategorinya?

  1. Acts of Service

Pada kategori act of service, seseorang suka melakukan suatu hal kepada orang lain. Kelompok orang yang berada dalam kategori ini juga suka bila orang lain melakukan sesuatu untuknya. Sederhananya, kamu akan merasa senang, dihargai, dan dicintai saat ada seseorang yang melakukan hal-hal baik secara spontan kepadamu. Misalnya kamu merasa senang saat ada orang yang membukakan pintu untuk kamu.

  1. Quality Time

Orang dengan love language quality time akan merasa senang saat menghabiskan waktu bersama. Mereka juga mementingkan komunikasi loh, terlebih karena dengan saling bercerita saja mereka akan merasa waktu yang terlewati itu sangat bermakna.

  1. Physical Touch

Bahasa cinta physical touch ditunjukkan pada orang yang suka memberikan dan/atau menerima sentuhan. Orang itu akan merasa disayangi dan diperhatikan saat mendapatkan sentuhan seperti dielus kepalanya, dipeluk, atau saat berpegangan tangan. 

  1. Receiving Gifts

Orang dengan kategori receiving gifts sangat senang dengan hadiah. Mereka akan merasa berharga saat menerima hadiah dari orang terkasih. namun tak hanya berhubungan dengan materi, mereka merasa senang karena orang tersebut telah mencurahkan waktu serta usaha untuk memberi hadiah. Sehingga hadiah sesederhana apapun itu akan ia anggap berharga dan bermakna, loh!

  1. Words of Affirmation

Bahasa cinta ini dapat dilihat pada orang yang menyukai pujian. Orang dengan love language ini mengungkapkan rasa sayangnya melalui ungkapan kata seperti pujian atau bahkan ucapan terima kasih baik secara langsung maupun melalui tulisan.

Lalu, gimana sih cara mengetahui love language kita? Tentunya saja caranya dengan menganalisis manakah kategori yang paling cocok dengan kita. Akan tetapi, tak semua orang mampu menetapkan berada di kategori manakah dia. Nah, kamu tidak perlu khawatir dan bingung karena sekarang ada banyak website yang memberikan tes love language. Salah satu website-nya yaitu https://5lovelanguages.com

dengan mengetahui love language-mu, kamu akan memahami seperti apa kebutuhanmu dalam memenuhi rasa ingin dicintai. Terlebih dalam suatu hubungan, saat kalian telah memahami bahasa cinta antara satu sama lain maka akan mudah terbentuk hubungan yang sehat, bahagia dan bermakna. Inilah kenapa kamu perlu tahu bahasa cintamu. Jadi, sudah tertarik untuk cari tau love language kamu belum? – Rona

Written by:

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *