Aktivitas sehari-hari memunculkan beberapa masalah yang mengharuskan kita untuk menyelesaikannya dengan cara kreatif. Sebagian orang mungkin menganggap kamar mandi sebagai tempat yang berjasa dalam membantu mencari ide kreatif. Bukan tanpa alasan, hal itu karena sering kali hal-hal yang menarik malah ditemukan pada saat berada di kamar mandi. Lantas mengapa kita sering kali mendapatkan ide kreatif pada saat berada di kamar mandi?

Scott Barry Kaufman seorang ilmuan kognitif mengungkapkan 72% manusia menemukan ide kreatif di tempat-tempat tertentu, salah satunya adalah kamar mandi. Ternyata, kegiatan yang dilakukan di kamar mandi membuat tubuh kita rileks dan santai yang dapat merangsang otak untuk berpikir lebih lancar. Berikut adalah faktor yang memicu kinerja otak menjadi lebih lancar ketika berada di kamar mandi:

1. Kondisi Tempat yang Tenang dan Kondusif

Faktanya, kamar mandi menjadi salah satu tempat yang kondusif bagi seseorang untuk menenangkan diri. Aktivitas yang dilakukan dalam bilik kamar mandi efektif membuat tubuh lebih santai dan nyaman. Aktivitas yang terjadi di kamar mandi membuat kita fokus pada diri sendiri tanpa mendapat tekanan dari orang lain. Kondisi santai ini yang membuat otak dapat bebas berpikir dan menemukan ide kreatif dalam lamunan tidak sadar.

2. Kondisi Tubuh yang Rileks

Aktivitas di dalam kamar mandi seperti mandi, keramas, dan menggosok badan menggunakan sabun membuat tubuh dalam keadaan rileks dan santai. Kondisi ini membuat pikiran kosong sehingga dapat membantu otak untuk menemukan ide kreatif secara spontan.

3. Pengaruh Hormon Dopamine

Hormon dopamine diproduksi oleh otak melalui berbagai aktivitas, salah satunya dengan mandi atau berendam dengan air hangat. Hormon ini membuat suasana hati menjadi lebih bahagia, senang dan rileks yang akan mendorong ide kreatif pada alam bawah sadar. Ketika hormon dopamine yang diproduksi dalam otak meningkat, pikiran kreatif yang muncul dalam pikiran manusia juga akan lebih banyak.

Itulah beberapa alasan mengapa kamar mandi menjadi salah satu tempat untuk menemukan ide kreatif. Bukan karena pengaruh makhluk lain yang ada di kamar mandi, tetapi karena efek dari tubuh kita yang rileks dan santai tanpa pengaruh dan tekanan dari orang lain. Nah, setelah membaca artikel ini, jangan jadiin ini sebagai alasan untuk kamu berlama-lama di kamar mandi, ya! Tentunya, kamu juga bisa mendapatkan ide kreatif melalui berbagai hal lainnya.

Penulis : Agus Ninja Nurul Chikam

Editor: Jenny Shintya BRH

Written by:

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *