Berhemat merupakan kebiasaan yang baik untuk mengelola keuangan pribadi dan dapat membawa banyak manfaat dalam jangka panjang. Salah satu manfaat terbesar dari berhemat adalah mencapai kebebasan finansial. Dengan mengelola pengeluaran dan menabung, kita dapat memiliki dana darurat yang kuat dan menghindari hutang. Berhemat mengajarkan kita untuk menghargai nilai uang dan membuat keputusan pengeluaran yang lebih bijaksana. Secara tidak sadar, kemampuan mengelola keuangan akan berkembang. Sehingga, kita  dalam memilih apa yang benar-benar dibutuhkan dan apa yang hanya sekedar keinginan semata. Hal ini dapat membantu dalam menghindari pemborosan, mempertahankan gaya hidup yang sesuai dengan keuangan, dan menghargai uang berapapun besarnya.

Berikut beberapa tips untuk hemat saat tinggal di kos-kosan:

Anggaran Keuangan Bulanan

Smart Listeners bisa membuat anggaran bulanan dengan mengelompokkannya menjadi tiga bagian:

  1. Kebutuhan pokok 

Kebutuhan pokok meliputi biaya uang sewa kost, listrik, belanja bulanan, biaya makan, transportasi dan kebutuhan-kebutuhan primer lainnya.

  1. Biaya lainnya 

Biaya lainnya yang juga penting untuk diperhatikan meliputi kebutuhan untuk mendukung kegiatan kuliah dan hiburan. 

  1. Tabungan 

Tabungan bisa dimanfaatkan untuk biaya tak terduga di luar kebutuhan pokok dan biaya pendukung lainnya.

Prioritaskan pengeluaran yang penting dan alokasikan uang untuk kebutuhan pokok terlebih dahulu sebelum menghabiskan uang untuk hal-hal lain. Kita juga bisa membuat catatan untuk setiap pengeluaran dan pemasukan.

Memasak Sendiri

Makanan merupakan kebutuhan yang wajib dipenuhi karena tanpa makan maka kita tidak bisa bertahan hidup. Biaya untuk makan pun tidaklah sedikit dan bisa menghabiskan banyak anggaran. Memasak makanan sendiri bisa jauh lebih murah daripada makan di luar. Selain menghemat pengeluaran, pastinya makanan yang dibuat sendiri juga bisa lebih sehat untuk dikonsumsi. 

Selalu Membawa Air Minum Sendiri

Pengeluaran kecil seperti membeli air di luar bisa jadi salah satu hal yang membuat pengeluaran terus bertambah. Daripada membeli air saat di luar kost, lebih baik membawa botol air minum sendiri. langkah ini efektif untuk menghemat pengeluaran karena tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk membeli air. 

Mengatur keuangan saat menjadi anak kos memang bukan hal yang mudah. Namun, dengan berhemat pasti Smart Listeners akan memiliki cash flow yang lebih teratur selama di perantauan. Jangan lupa menabung ya, Smart Listeners

Penulis : Naomi Diana Permata

Editor : Agus Ninja Nurul Chikam

10 November 2023

Written by:

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *