Setelah merasakan cuaca panas yang cukup lama, akhirnya hujan kembali turun di sejumlah wilayah di Indonesia. Walaupun masih sekadar hujan numpang lewat, setidaknya mencium bau petrichor lagi udah melegakan. Maka dari itu, sebelum datang musim hujan yang panjang, Smart Listeners perlu mempersiapkan satu hal penting, yaitu sedia playlist ketika hujan!

Dilansir dari Tempo.co, sebagian orang merasa bahwa mendengarkan musik ketika hujan membawa suasana hati tertentu, seperti perasaan rindu dan tenang. Rekomendasi lagu berikut dapat Smart Listeners dengarkan saat hujan.

  1. Exile – Taylor Swift ft. Bon Iver (2020)

Tanpa menunggu hujan, Exile sudah memiliki vibes-nya tersendiri yang gloomy dan semakin nyesek apabila didengarkan dengan suara rintik hujan. Taylor Swift menceritakan bahwa Exile merupakan lagu tentang pasangan yang telah putus dan saling menyalahkan. Kompleksitas perasaan dalam lagu ini semakin dikuatkan dengan duet Taylor dengan member Bon Iver, Justin Vernon. Walaupun Exile dirilis tiga tahun lalu, rasanya masih nyesek didengerin di musim hujan sepuluh tahun ke depan gak, sih?

  1. I Love You But I’m Letting Go – Pamungkas (2018)

Smart Listeners tentu sudah mendengar “Sunday night after a rainy day” berulang kali. Lagu oleh Pamungkas ini memiliki vibes yang sama dengan lagu sebelumnya. Hanya dengan mendengar intronya saja, pendengar dibawa pada suasana yang dalam. Mengisahkan kegalauan hati seorang pria yang harus merelakan wanitanya meskipun ia sangat mencintai wanita tersebut, I Love You But I’m Letting Go tambah menyayat hati ketika Smart Listeners relate dengan kisahnya. Entah harus meninggalkan karena tidak ada kecocokan, perbedaan agama, atau apapun itu, ingat kata Pamungkas, “If you love somebody gotta set them free.”

  1. Home Is Where The Hurt Is – LANY (2023)

Masih dengan lagu yang sendu, Home Is Where The Hurt Is oleh LANY sangat tepat didengarkan ketika kita sudah berbaring di tempat tidur sementara di luar sedang turun hujan. Apalagi kita baru saja menjalani hari yang berat. “Sunset, 40 West, head for the horizon”, meskipun hari ini terasa berat dan banyak sekali perasaan yang di pendam dalam hati, kita dapat tinggalkan dan kembali jalan ke depan. Biarkan hujan basuh semua sakit hati dan mulai jalan lagi, ya, Smart Listeners!

  1. When You Love Someone – Endah N Rhesa (2009)

Flashback beberapa tahun lalu dengan lagu romantis saat itu, alunan akustik dan suara merdu Endah menyanyikan When You Love Someone sangat cocok didengarkan ketika rintik hujan turun sambil membayangkan wajah gebetan. Berbeda dengan lagu-lagu sebelumnya yang galau, When You Love Someone mengisahkan seseorang yang tengah jatuh cinta. Lagu ini ditulis dengan maksud mengajak untuk berani mengungkapkan perasaan kepada gebetan. Jadi, kapan nih Smart Listeners berani confess “or you will lose your chance”?

  1. Remaja – Hivi! (2017)

Buat Smart Listeners yang gak mau suasana hujan makin gloomy karena lagu galau, bisa banget play lagu ini! Terinspirasi dari suasana Kota Bandung yang adem, mendung, dan romantis, Remaja yang ditulis oleh salah satu personel Hivi! cocok didengarkan saat hujan masih rintik sambil minum secangkir teh hangat. Smart Listeners yang lagi jatuh cinta pasti relate banget dengan lagu ini. Remaja juga bisa diputar ketika Smart Listeners ingin nostalgia cinta monyet ketika masih duduk di bangku sekolah.

Nah, gimana nih rekomendasi lagu buat nemenin Smart Listeners hujan-hujanan? Cocok tidaknya setiap orang pasti punya selera musik masing-masing, yang penting jangan lupa siapkan playlist-nya, Smart Listeners! Kalau hujannya pindah di pipi, waduh, siapin tisu sendiri, ya!

Penulis: Kurnia Endah Pusparini

Editor: Agus Ninja Nurul Chikam

24 November 2023

Written by:

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *