Smart Listeners pastinya ga asing dong dengan Prof. Dumbledore dalam film-film “Harry Potter”, kan? Pada Kamis (28/09) lalu, pemeran Prof. Dumbledore dalam dalam 6 film serial “Harry Potter”, Michael Gambon, dikabarkan meninggal dunia pada usianya yang ke-82. Gambon sebelumnya telah mengidap penyakit pneumonia hingga akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya di rumah sakit didampingi oleh istri dan anaknya.

Albus Percival Wulfric Brian Dumbledore ini merupakan Kepala Sekolah Sihir Hogwarts yang bijaksana, misterius, kaya pengetahuan, pengertian, dan perhatian. Tentunya ada banyak sekali kutipan-kutipan dialog Dumbledore yang menancap dalam ingatan penggemar Harry Potter. Yuk, simak 5 Best Quotes Albus Dumbledore yang dapat menjadi pelajaran bagi kita!

  1. “Numbing the pain for a while will make it worse when you finally feel it”

Kutipan ini mengajarkan kita bahwa mengubur rasa sakit dan masalah bukanlah hal yang dapat menghapuskan perasaan sakit dan masalah tersebut. Perasaan itu akhirnya akan tetap muncul suatu saat dan kamu akan kembali harus menghadapi hal itu. 

  1. “Happiness can be found, even in the darkest of times, if one only remembers to turn on the light”

Dalam kehidupan kita pasti saja ada hari dimana kamu merasa itu adalah “bad day ever”. Tapi pada hari yang kamu anggap hari terburuk itu, cobalah untuk menemukan suatu hal kecil saja yang dapat membuat kamu bahagia. Karena seperti ucapan Dumbledore, “Happiness can be found”

  1. It takes a great deal of bravery to stand up to our enemies, but just as much to stand up to our friends.

Sering ga sih merasa sulit untuk mengatakan kepada teman bahwa ia salah, namun rasanya lebih mudah untuk mengatakan kepada orang yang tidak kita suka bahwa suatu hal itu salah. Kebenaran ‘pahit’ biasanya kita pendam agar tidak menimbulkan konflik dengan orang yang kita sayang. Tetapi hal itu bukanlah hal yang tepat, karna kita perlu menyampaikan kebenaran ‘pahit’ tersebut agar orang yang kita sayang dapat berjalan di jalan yang benar dan menemukan kebahagiaan.

  1. We must all face the choice between what is right, and what is easy

Kutipan ini menunjukkan pentingnya membuat pilihan antara moral dan etika, bahkan jika pilihan tersebut sulit atau membutuhkan pengorbanan. Setiap orang pastinya akan dihadapkan pada keadaan untuk memilih antara melakukan apa yang benar secara moral atau mengambil jalan yang lebih mudah yang mungkin tidak sejalan dengan prinsip mereka.

  1. Do not pity the dead, Harry. Pity the living and above all, those who live without love”

dari kutipan tersebut, Dumbledore menekankan bahwa mengenali nilai cinta dan kasih sayang dalam kehidupan seseorang merupakan suatu hal yang penting. Kematian merupakan hal alami dalam kehidupan dan bukanlah hal yang harus ditakuti atau dikasihani karena kematian adalah akhir yang tak terelakkan bagi semua orang. Dumbledore mendorong Harry untuk memfokuskan empati dan kasih sayangnya kepada orang yang masih hidup, yang masih memiliki kemampuan untuk merasakan cinta dan kebahagiaan.

Peran Michael Gambon sebagai Dumbledore dalam serial Harry Potter tentunya akan selalu dikenang oleh para penggemarnya. Melalui bakat dan dedikasinya yang luar biasa, Gambon mampu menghidupkan karakter yang dicintai ini di layar lebar. Dari kata-katanya yang bijak dan mendalam hingga sifatnya yang garang dan penuh kasih sayang, Dumbledore yang diperankan oleh Gambon menjadi tokoh ikonik dalam dunia hiburan dan fantasi. Rest in love, Michael Gambon “The Dumbledore”.

Penulis : Rona Nafisa

Editor : Nabila Tuzzahra

30 September 2023

Written by:

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *