Tampil menarik dengan tema retro, lagu milik Tiara Andini berjudul “Kupu-Kupu” mengajak kita untuk bernostalgia. Berbeda dengan karya-karyanya terdahulu yang telah laris di industri musik dengan lirik yang mengiris hati, karya Tiara berjudul “Kupu-Kupu” membawa mood yang ceria. Ditulis oleh Laleilmanino, karya Tiara Andini tersebut telah rilis pada 19 April 2024. Lagu ini sukses mengajak pendengar untuk berjoget dengan beat yang identik dengan lagu 80-an. Pada masa itu, lagu-lagu bergenre disco memang sedang naik daun di Indonesia. Yuk, intip pesona Tiara Andini di Lagu Kupu-Kupu!

Tak hanya melodi dan lirik lagu Kupu-kupu yang kental dengan nuansa 80-an, make up look Tiara Andini di musik videonya juga mengusung tema yang sama. Penggunaan riasan bernuansa pop-up color yang diaplikasikan sebagai eyeshadow dengan warna ungu, pink, dan orange, memberi kesan 80-an pada penampilan Tiara. Tak hanya itu, penggunaan outfit yang nyentrik juga cukup menarik. Jaket bomber yang sangat ikonik di tahun 70-an hingga 90-an turut hadir di musik video tersebut. Model jaket yang besar, tidak pas di badan, dengan warna-warna mencolok seperti hijau terang, biru elektrik, hingga merah muda membuat tampilan menjadi santai tetapi juga edgy. Kehadiran lampu disko yang memantulkan cahaya dalam MV tersebut juga menambah suasana nostalgia. Ditambah lagi, Tiara juga mempertunjukkan kemampuannya untuk menari bersama para dancer dan Dede Sunandar sebagai model. 

Salah satu keunggulan dari musik video ini adalah harmoni audio dan visual yang selaras. Setiap adegan dalam MV menghadirkan pengalaman audio visual yang memikat dengan sinematografi ala 80-an. Pengambilan gambar dan pergerakan kamera sangat padu dengan iringan beat musik dan suara lembut Tiara. Kehadiran Dede dalam video klip menambah kesan jenaka dan ceria yang sangat sesuai dengan makna lagu. Pesan positif mengenai keberanian, kekuatan diri dan keteguhan hati menjadikan “Kupu-Kupu” bukan hanya sekadar lagu. “Kupu-Kupu” dalam lagu ini digambarkan sebagai seseorang yang memberikan energi positif dalam mencapai tujuan. 

Wahai cinta beri pertanda

Dengar kupu-kupu yang bicara

Bisingkan dada

Melantunkan nada asmara

Andai cinta setangkai bunga

Takkan buat kau layu dan kecewa

Kan ku jaga binar hatinya

La la…

Jangan hentikan kepak sayapmu

Sintas hinggapi permai hatiku

la la…

Berkisah tentang kehidupan asmara yang sedang merekah, “Kupu-Kupu” mengisyaratkan keinginannya untuk terus menjaga cinta yang tumbuh. Cinta tersebut dapat dimaknai secara universal, baik kepada orang tua, teman, ataupun pada pasangan hidup dengan cara positif. Pemilihan kata ‘sintas’ dalam lirik tersebut menunjukkan upaya untuk terus bertahan dan mampu mempertahankan keberadaannya. Dengan demikian, kepak sayap yang dimaksud adalah usaha untuk mencapai impian yakni keadaan hati yang damai oleh cinta kasih. Lagu ini membawa pesan untuk senantiasa percaya diri dan jangan takut untuk mencintai. Oleh karena itu, lagu ini sangat cocok dikemas dalam tampilan yang fresh dan menyenangkan. 

Penulis: Agus Ninja Nurul Chikam

Editor: As Syifa Dzihni Nafisa

Written by:

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *