Sebagai seorang mahasiswa mengatur keuangan sebenarnya tidak terlalu sulit, lho.. Namun, harus dikelola dengan baik terlebih jika kamu adalah seorang mahasiswa baru atau mahasiswa rantau. Biasanya seorang mahasiswa masih bingung dalam mengelola keuangannya. Bisa dikarenakan oleh lingkungan baru ataupun kebiasaan lamanya. Seringkali mahasiswa memiliki kebiasaan kecil yang mengakibatkan pemborosan. Padahal setelah memasuki dunia perkuliahan, biaya pengeluaran menjadi cukup banyak. Berikut 5 tips mengatur keuangan ala mahasiswa yang bisa kamu ikuti.

1. Rutin Menabung

Kebiasaan menabung tentunya akan berguna bagi kemudian hari. Selain menabung di bank, mahasiswa juga biasanya memiliki celengan yang rutin diisi setiap hari. Untuk membiasakan kegiatan menabung ini bisa dimulai dengan nominal yang kecil namun rutin dilakukan. Tabungan yang rutin kamu isi dapat digunakan untuk investasi kecil. Selain itu, dengan menabung kamu dapat menargetkan pengeluaran harian, mingguan, bulanan, bahkan tahunan. Tabungan yang kamu miliki juga dapat digunakan untuk keperluan mendesak, atau untuk membeli laptop baru, mesin printer, dan lainnya.

2. Belanja Sesuai Kebutuhan

Dalam mengatur keuangan, seorang mahasiswa perlu memilah mana barang yang diperlukan dan mana barang yang hanya sekedar diinginkan. Gaya hidup konsumtif perlu dihindari, untuk itu kamu perlu membuat list atau daftar berbagai jenis kebutuhan yang benar-benar kamu butuhkan dan prioritaskan. Misalnya, dengan membuat list belanjaan untuk satu bulan. Namun perdu diingat prioritaskan barang-barang yang sangat kamu butuhkan saja.

3. Catat Semua Pemasukan dan Pengeluaran

Hal lain yang sangat penting adalah mencatat pemasukan dan pengeluaran, misalnya pemasukan dan pengeluaran selama satu bulan. Dahulukan yang penting seperti membayar uang kost, uang transportasi, uang makan, uang kuliah, dll.

4. Membuat Rencana Anggaran Keuangan

Sebagai seorang mahasiswa kamu juga perlu membuat rencana anggaran dan mengevaluasi pengeluaranmu setiap bulannya secara rutin. Hal tersebut dapat mengantisipasi kekurangan uang di bulan selanjutnya.   

5. Menjaga Kesehatan dan Mencari Sumber Pemasukan Lain

Kesehatan merupakan hal utama, karena jika kamu sehat maka kamu dapat beraktivitas dengan normal. Sehingga pengeluaran yang  kamu  rencanakan dapat terealisasikan. Apabila kamu seorang yang pandai melihat peluang, dan memiliki cukup banyak waktu luang, menambah pekerjaan sampingan seperti melakukan usaha kecil-kecilan, berjualan, bekerja part time, atau  freelance dapat kamu lakukan. Tentunya dengan jam yang tidak menyita waktu kuliah dan belajarmu, ya.

Beberapa tips diatas bisa membuat kamu  menjadi mahasiswa yang mandiri, lho. Jangan lupa tetap jaga kesehatan, dan selalu utamakan keselamatan ya !. Eeeiittsss.. jangan lupa bayar uang kuliah dulu ya.. (Syifana Mutiara)

Sumber :

https://www.google.com/amp/s/edukasi.okezone.com/amp/2021/05/30/65/2417559/begini-tips-mengelola-keuangan-bagi-mahasiswa

https://www.finansialku.com/tips-kelola-uang-jajan-ala-mahasiswa-yang-mudah-ditiru/

Written by:

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *