Bukan Sekedar Tren, Budaya Girl Grip yang Sudah Dilakukan Perempuan Indonesia Sejak Dulu
Smart Listeners sadar atau nggak belakangan ini saat kita mengunjungi sosial media banyak bermunculan tren “girl grip”, tren ini menjadi salah satu tren yang sedang ramai diperbincangkan di media sosial. Istilah baru ini merujuk kepada kebiasaan perempuan yang menjinjing banyak barang secara sekaligus hanya dengan menggunakan satu tangan, seperti tas, ponsel, kunci, makeup, sampai gelas kopi sekaligus di antara celah jari-jari mereka. Tren ini masuk karena banyak content creator yang membuat konten berupa challenge kepada pasangan pria nya, tren ini menunjukan betapa ahlinya seorang perempuan dalam melakukan hal sederhana ini, sementara di sisi lain para laki-laki yang mencoba justru merasa kewalahan.

Perempuan dengan mudah memegang semua benda sekaligus (sumber: instagram @blogry1)
Namun ternyata, kalau Smart Listeners sadar fenomena ini terasa sangat familiar dan dekat dengan kita sebagai masyarakat Indonesia, bukan hanya karena baru saja menjadi tren yang sedang fyp dimana-mana, melainkan karena sudah sering kita saksikan sejak kita kecil.
Bisa dibayangkan ibu-ibu yang pulang dari pasar setelah pergi berbelanja, mereka terlihat sibuk dengan satu tangan yang menenteng beberapa kantong kresek berisi sayur, ikan, dan bumbu dapur, sementara tangan yang sama masih sempat memegang dompet dan payung sambil menggandeng anaknya yang diajak ikut bersama ke pasar. Atau emak-emak yang naik angkot sambil menggendong anaknya dan membawa tas belanja tetapi masih bisa mengecek ponselnya. Saat di rumah pun, pola serupa sering terlihat, mereka sibuk membawa piring, gelas, dan sendok dalam satu kali balik agar tidak perlu bolak-balik dalam menyiapkan makan untuk keluarganya.

Ibu membawa belanjaan dari pasar (sumber: unsplash.com)
Kebiasaan ini bukanlah sebuah kebetulan, melainkan lahir dari adanya kebutuhan dan bukan hanya sekadar gaya-gayaan semata. Sebelum adanya layanan ojek online dan antar jemput belanjaan secara instan, banyak rumah tangga di Indonesia dituntut untuk selalu cepat dalam menyelesaikan urusan rumah tangga dalam sekali jalan. Ditambah lagi peran-peran dalam rumah tangga ini seringkali malah dibebankan kepada perempuan sehingga kemampuan multitasking fisik ini menjadi terasah tanpa disadari.

Perempuan membawa banyak barang dengan satu tangan. (sumber: line.today)
Nah Smart Listeners, menariknya kebiasaan unik seperti ini baru sekarang mendapatkan nama dan pengakuan lewat internet dan media sosial. Sama seperti girl dinner atau girl math sebelumnya, “girl grip” menjadi cara media sosial memberi sebuah bahasa pada kebiasaan perempuan yang selama ini dianggap remeh dan bahkan nyaris tidak pernah dibicarakan secara terbuka oleh masyarakat.
Jadi, sebelum Smart Listeners buru-buru menyebutnya sebagai sebuah tren baru yang sedang viral di media sosial, ada baiknya kita pergi menengok kembali ke rumah kita masing-masing. Bisa jadi, skill “girl grip” itu sebenarnya sudah diwariskan secara diam-diam oleh ibu atau nenek kita sendiri tanpa kita sadari jauh sebelum media sosial dan internet memberinya nama yang menjadi tren.
Penulis : Hilyah Mezka
Editor : Mutia Ardhanareswari

1 Comment