Siapa yang tidak mengenal penyanyi yang karyanya sudah didengarkan lebih jutaan kali ini, terlebih lagu-lagunya yang bisa dikatakan relate dengan kaum milenial. Rizki Rahmahadian Pamungkas atau yang lebih dikenal dengan nama Pamungkas. Musisi yang sempat menjadi bagian dari acara TV “Islam Itu Indah” sebagai kru musik ini, beberapa hari lalu kembali merilis lagu terbarunya yang kali ini berjudul “Birdy”. Lagu ini rilis tepatnya pada 27 Januari 2022 lalu, setelah terakhir mengeluarkan lagunya pada akhir tahun 2021 lalu. Pada lagu “Birdy” ini akan menjadi pembuka untuk album selanjutnya akan akan digarap oleh Pamungkas dengan judul yang sama.

Pamungkas menciptakan lagu tersebut tentunya bukan tanpa alasan, pada lagu yang dirilis kali ini Pamungkas ingin menceritakan bagaimana usaha dari seseorang untuk selalu bisa bersabar dan bisa menahan egonya, agar hal tersebut tidak menghancurkan karir nya yang sudah dibangun sejak lama. Dan tentunya hal ini cocok dengan perjalanan seorang Pamungkas yang sudah dimulai dari nol hingga sekarang yang tentunya tidak mudah, sehingga jangan sampai rasa ego yang tinggi menghancurkan segalanya yang telah dicapai.

Selain itu, Birdy merupakan lagu yang akan menjadi salah satu track di album studio keempatnya Pamungkas dengan judul yang sama. Meskipun Pamungkas mengatakan akan merilis album tersebut di tahun 2022 ini, namun ia belum menjelaskan lebih detail untuk tanggal perilisannya. Dan sebelumnya, Pamungkas telah sukses dengan tiga album yakni Walk The Walk (2018), Flying Solo (2019), dan Solipsism (2020). Dari sekian banyak lagu yang telah ia ciptakan, tentunya single To The Bone yang viral di TikTok sehingga benar-benar mampu membuat nama Pamungkas meroket di belantika musik Tanah Air hingga saat ini.

Namun sayangnya, lagu terbaru Mas Pam ini sempat diduga plagiat, lho. Lagu Pamungkas yang berjudul “Birdy” ini diduga plagiat dari puisi karangan Charles Bukowski yang berjudul “Blue Bird”. Bahkan pembahasan plagiarisme lagunya ini pun sempat dibahas oleh vokalis Efek Rumah Kaca, Cholil Mahmud. Cholil berpendapat bahwa Pamungkas seakan menolak ketenaran Buwoski sebagai salah satu sastrawan ternama dunia. Hingga menjadi sorotan pengguna sosial media yang juga menyebutkan bahwa Pamungkas meremehkan pengetahuan publik mengenai sosok dan karya Charles Bukowski tersebut.

Selain mirip dengan judul puisi karangan Charles Bukowski, ternyata lagu terbaru dari Pamungkas ini juga sama persis dengan judul lagu penyanyi asal Inggris, Jasmine Van Den Bogaerde alias Birdy.  Jasmine merupakan penyanyi folk indie yang berusia 25 tahun dan telah memenangkan berbagai penghargaan, bahkan saat usianya masih menginjak 12 tahun.

Meski demikian lagu terbaru dari Pamungkas ini tetap menjadi favorit dan tetap mendapat sambutan hangat dari penggemarnya. Buat kamu yang belum dengerin lagu terbaru dari Mas Pam, dan penasaran gimana sih lirik yang dibawakan Mas Pam pada lagu terbarunya kali ini, sudah bisa kamu dengerin diberbagai platform musik tanah air, lho.  (Luthfi)

https://www.liputan6.com/showbiz/read/4877205/pamungkas-dituding-lakukan-plagiarisme-lirik-untuk-lagu-birdy

https://hits.zigi.id/fakta-dan-lirik-lagu-birdy-ndash-pamungkas-dengan-terjemahan-indonesia-6662

https://www.mainmain.id/r/15628/pamungkas-rilis-lagu-baru-birdy-pembuka-album-baru-birdy

Written by:

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *