Pembalap kebanggan Gresini Team, Marc Marquez berhasil membuat klasemen MotoGP 2024 memanas. Hal ini karena pembalap asal Spanyol itu merebut posisi puncak pada MotoGP San Marino 2024 pada Minggu (08/09). Pertandingan yang diadakan di Sirkuit Marino, Italia tersebut mendapat banyak perhatian karena sebelumnya merupakan markas dari pembalap legendaris Valentino Rossi yang telah pensiun pada 2021 lalu. Kemenangan Marquez itu tentu menjadi sebuah prestasi yang membanggakan.

Marquez memulai dari posisi ke-9 di grid yang tampaknya mustahil untuk finish di posisi pertama. Melalui wawancara di tempat, ia mengungkapkan, “Ini benar-benar tidak terduga, terutama karena memulai dari posisi kesembilan, tanpa penurunan tersebut mustahil untuk bertarung dengan para pembalap teratas.” Menariknya, Marquez memenangkan posisi tersebut karena ‘bantuan’ hujan. Namun, bagaimana bisa?

Ketika hujan mulai mengguyur dan motornya basah, pria 31 tahun tersebut tak melakukan hal gegabah seperti mengganti ban atau mengganti motor seperti pembalap lain. Ia terus melesat bahkan ketika diguyur hujan gerimis. Keputusan ini yang kemudian membuatnya bisa melewati beberapa pembalap di depannya, termasuk Jorge Martin yang kini ada di puncak klasemen MotoGP 2024. Akibat mengganti ban, jorge Martin yang awalnya berada di posisi kedua, harus turun jauh ke beberapa posisi ke bawah. “Ketika mulai turun hujan di layar, saat itulah saya memutuskan untuk maju menyerang atau mengambil lebih banyak risiko. Dalam satu putaran, saya berhasil melewati lima pembalap dan memimpin balapan,” ujar Marquez kepada para wartawan. Ia kemudian menyelesaikan 27 putaran dengan catatan waktu 41 menit 52,083 detik.

Marquez yang saat itu menang di markas musuh bebuyutannya yaitu Valentino Rossi, tidak hanya menang di posisi pertama. Namun, lelaki yang enam kali menyabet juara dunia itu juga berhasil mengalahkan tiga anak murid Valentino Rossi yakni Francesco Bagnaia, Franco Morbidelli, dan Marco Bezzecchi. Diketahui, ketiga pembalap tersebut memuncaki tiga peringkat teratas dalam kualifikasi di hari sebelumnya, Sabtu (07/09). Kendati demikian, Marc Marquez dapat unggul 3,1 detik atas Bagnaia pada akhir balapan setelah memulai dari posisi kesembilan di grid. Ini juga mencatatkan poin baru bagi Marquez, sehingga ia hanya tertinggal 53 poin dari Jorge Martin sang pemimpin klasemen.

Kemenangan di San Marino ini merupakan kemenangan Marquez yang kedua pada MotoGP 2024 setelah sebelumnya berhasil memuncaki podium MotoGP Aragon 2024 yang sangat diingat oleh para penggemar. Pasalnya, hari itu menjadi kemenangan Marquez setelah melewati tiga tahun tanpa kemenangan. Setelah 1.034 hari, ia kembali merebut podium pertama yang kemudian berlanjut di MotoGP San Marino. Ini menjadi kemenangan beruntunnya dalam dua seri berturut-turut.

Penulis : As Syifa Dzihni Nafisa

Editor : Amandita

9 September 2024

Written by:

1 Comment

  • Athaya Ameliaa

    18/09/2024

    keputusan Marquez dalam peristiwa ini keren sih, walaupun berisiko tapi ia tetap bisa melakukannya dengan baik dan tenang

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *