Circles adalah salah satu lagu dari album Face the Sun yang dirilis oleh Seventeen, boy group asal Korea Selatan yang selalu memukau dengan karya dan lagu lagunya yang berkesan. Circles berhasil menangkap emosi yang mendalam lewat lirik yang penuh makna. Yuk kita bedah lirik lagu Circles dan melihat bagaimana lagu ini relate dengan aspek kehidupan, yaitu siklus perjuangan dan harapan, Smart Listeners!

Refleksi tentang Kehidupan yang Berulang

Seperti judulnya, Circles berbicara tentang perjalanan hidup yang terasa seperti lingkaran tanpa akhir. Siklus ini menggambarkan bagaimana kita sering kali menemukan diri kita kembali di titik awal, meskipun sudah berjuang begitu keras untuk maju. 

Dalam bait pertama, liriknya berbunyi:

나는 어디로 걸어가는지 (Di mana aku berjalan sendiri?)
무얼 찾아 이리 헤매이는지 (Apa yang sedang kamu cari?)
한껏 울고플 때 하늘 가까이로 가곤 해 (Saat aku menangis, aku pergi ke tempat yang dekat dengan langit)
아무도 내 눈물 못 보게 (Tidak ada yang bisa melihat air mataku)

Frasa ini menggambarkan rasa kesendirian yang mendalam, seperti sedang menempuh perjalanan hidup tanpa ditemani orang lain, mungkin dalam situasi sulit atau penuh tantangan. Lirik ini juga mewakilkan mereka yang merasa sedih dan tidak ingin kesedihan itu dilihat oleh dunia luar.

Harapan di Tengah Perjalanan

Meski lagu ini membahas tentang siklus yang melelahkan, Circles juga menyiratkan pesan harapan. Pada bagian chorus, terdapat lirik yang menunjukkan semangat untuk terus melangkah maju, bahkan ketika kita merasa terjebak di dalam lingkaran yang sama:

모두 함께 노래 부르자 (Mari bernyanyi bersama)
힘찬 노랫소리 슬픔 가려지도록 (Dengan nyanyian lantang, sampai-sampai kita bisa melewati kesedihan ini)
괜찮을 거야 시계의 바늘처럼
(Kita akan baik-baik saja melalui semua ini bersama seperti jarum jam berputar)
다시 돌고 돌아 제자리로 오겠지 (Mereka akan berputar-putar kembali ke tempat mereka)

Pesan ini mengajak kita untuk tetap kuat dalam menghadapi tantangan hidup, meskipun seringkali kita merasa berada dalam situasi yang tidak berubah. Lagu ini menegaskan dan memberikan kepercayaan diri pada pendengar, bahwa pada akhirnya, segala sesuatu akan baik-baik saja.

Koneksi Emosional yang Kuat

Seperti banyak lagu Seventeen lainnya, Circles sukses membangun koneksi emosional yang kuat dengan pendengar. Setiap orang pasti pernah merasakan perjuangan yang tampak sia-sia, atau kebingungan karena tidak melihat kemajuan yang berarti dalam hidupnya. Namun, lagu ini juga mengingatkan kita bahwa meskipun perjalanan hidup sering kali terasa seperti berputar-putar, setiap siklus memberi kita kesempatan untuk belajar dan berkembang. 

Lagu ini ditutup dengan lirik akhir yang berarti, yaitu: 

기억해 언제나 우린 함께라는 걸 (Ingat, kita selalu bersama)
변하지 않는 너의 손 놓지 않을게 (Aku tidak akan melepaskan tanganmu)

Lirik lagu ini tidak hanya bersifat personal bagi anggota grup, tapi juga sangat relevan dengan kehidupan sehari-hari kita. Dimana kita masih memiliki orang orang sekitar yang mencintai kita, yang tidak akan melepaskan tangan kita walaupun dalam titik terpuruk, seperti keluarga dan sahabat.

Circles by Seventeen bukan hanya sebuah lagu dengan melodi yang indah, tetapi juga sebuah refleksi mendalam tentang kehidupan. Liriknya menggambarkan realitas bahwa hidup adalah perjalanan berulang yang terkadang melelahkan, namun selalu ada harapan di ujung setiap putaran dan menegaskan bahwa semua akan baik baik saja.

Lagu ini merupakan bukti bahwa Seventeen bukan hanya sekedar grup idol yang menghasilkan musik yang enak didengar, tapi juga musisi sejati yang mampu menyampaikan pesan mendalam melalui karya mereka. Siapa nih, Smart Listeners yang relate banget sama lagu Circles by Seventeen ini?

Penulis: Maria Yolanda Siregar

Editor: Dewi Kusuma Wardhani

12 September 2024

Written by:

10 Comments

  • Rafly Wijanarko

    15/09/2024

    ilmu nihh gokil, gue jdi tau tafsir sesungguhnya dari lagu kesukaan gw, terlebih jg rilet ama kehidupunk gue, alhamdulillah nya gue jdi tau mreka ngmong apa berkat artikel ini.

  • danisya df

    16/09/2024

    lagu circles svt ini emang enak banget sih 🤍 ternyata maknanya deep juga yaaa… 😦💓

  • anindhita

    16/09/2024

    omg deep banget makna lagunya 🥹🥹🥹

  • Tiwii

    17/09/2024

    setiap dengerin lagunya pasti merinding. suara member svt emang semerdu itu, dan lagunya enak buat didengerin ketika lagi capek. lagu ini yang bikin wonu nangis 10 menit sebelum rekaman, ternayata makna lagunya emang sedalam itu. btw, buat siapapun yang baru merasa capek, semangat yaa!!

  • Ladya

    17/09/2024

    OMGG YESYES the reason why this is my favorite song!! seventeen lagu-lagunya emang gak pernah gagal, keren banget dan bikin terharu 🥹💕

  • Najwa Asyilah

    18/09/2024

    Svt lagu lagunya emg selalu relate… This is one of my fav song!! Ditambah gambar akhirnya bikin mewek huhu:(

  • Najwa Asyilah

    18/09/2024

    Svt lagu lagunya emg selalu relate… This is one of my fav song!! Ditambah gambar akhirnya bikin mewek huhu:( Ayo gais dengerin circle juga

  • Alya Salsabila

    18/09/2024

    emangg bagus banget lagu circle seventeen!! selain nada nya yang easy listening makna nya pun ngga kalah keren bikin terharu 🥹🥹

  • Naurah muthia

    18/09/2024

    lagunya emang enak banget seruuu asik jugaaa

  • raraa

    18/09/2024

    udah stan svt dari lama tp baru tau makna lagu circles, DAN TERNYTA SEDEEP ITU MAKNANYA 😭😭, lagu se-deep ini dinyanyiin sama pelawak WKWKWKW

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *