Film Divergent adalah film yang dirilis pada tahun 2014, yang disutradarai oleh Neil Burger. Film ini menceritakan tentang kehidupan di sebuah kota dengan penduduk yang dibagi menjadi 5 faksi menurut kepribadian masing-masing nih, smart listeners. Tokoh utama di film ini bernama Beatrice Prior yang diperankan oleh Shailene Woodley. Beatrice adalah anak dari keluarga Prior dari faksi Abnegation. Dia juga memiliki seorang kakak bernama Caleb Prior yang diperankan oleh Ansel Elgort. Orangtua Beatrice merupakan tokoh yang berpengaruh dalam golongan mereka. 

Kelompok pertama (Faksi Erudite), berisi orang-orang pintar, yang menghargai pengetahuan dan logika. Kelompok kedua (Faksi Amity), adalah kelompok yang bertugas untuk mengolah lahan, mereka adalah kaum yang sangat harmonis, baik hati, dan selalu bahagia. Kelompok ketiga (Faksi Candor), adalah faksi yang menghargai kejujuran dan ketertiban. Kelompok keempat (Faksi Dauntless), mereka adalah pelindung dan para pemberani yang bertugas sebagai pasukan polisi. Kelompok kelima (Faksi Abnegation) adalah yang bertugas untuk menjalankan pemerintahan, mereka hidup sederhana dan tidak mementingkan diri sendiri.

Beatrice diam-diam mengagumi Faksi Dauntless, tapi di satu sisi Tris tidak ingin meninggalkan faksi keluarganya. Suatu hari mereka menjalani tes bakat untuk mengetahui kecenderungan dari kepribadian mereka. Saat menjalani tes, Beatrice mendapatkan hasil yang berbeda dari kebanyakan orang. Hasil yang didapatkan menunjukan kalau Beatrice adalah seorang Divergent, yang berarti dia bisa masuk di faksi mana saja. Saat proses pemilihan faksi, Beatrice yang ragu akhirnya memilih faksi Dauntless dan meninggalkan keluarganya. 

Setelah masuk Dauntless, Beatrice berganti nama menjadi Tris. Ia bertemu dengan Four yang diperankan oleh Theo James, yang merupakan orang penting di Dauntless. Tris juga berteman dengan sesama pemula bernama Christina, Al, dan Edward. Mereka harus menjalani seleksi untuk menjadi anggota Dauntless. Bagi yang tidak lolos seleksi mereka terpaksa menjadi Factionless (non Faksi, tanpa golongan). Orang-orang tanpa golongan ini digambarkan sangat menyedihkan, hidup tidak jelas, tanpa makanan, dan biasanya dibantu oleh golongan Abnegation.

Tes demi tes telah dilalui Tris, performanya memang sangat buruk pada saat awal, akan tetapi ia selalu berusaha dan bersemangat dalam menjalani tes untuk menjadi Dauntless sejati. Hal ini membuat Four menaruh simpati pada Tris. Hingga akhirnya Four mengetahui jika Tris adalah seorang Divergent. Film ini menjadi lebih seru karena sang sutradara memberikan sentuhan romance dari Tris dan Four. Para penonton pastinya tidak akan bosan dengan film ini. Smart listeners pengen ngerasain serunya juga? Ikuti kisah serunya Tris dan Four ini di Divergent, ya!. 

Penulis : Naomi Diana Permata

Editor : Nabila Tuzzahra

6 September 2023

Written by:

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *